Langsung ke konten utama

Serupa Aku

Aku adalah serupa aku. Aku titahan sang bumi tuk menjalani lakon-lakon. Aku diberi pilihan, menjadi aku atau bukan aku. Tapi kutanya, memangnya AKU seperti apa? Sebab menjadi yang BUKAN AKU lebih mudah, kulakukan. Hingga aku lupa dengan aku yang sebenarnya. - Shofi MI

Pernikahan Antara "Pikiran dan Perasaan" Saya di Wattpad

Di bulan Desember tahun 2017 yang lalu pikiran dan perasaan saya telah menikah, otak dan hati saya meminta restu kepada diri saya sendiri bahwa mereka akan mulai "hidup bersama", meskipun terkadang mereka selalu bertentangan, tidak sejalan, dan banyak ributnya. Tanpa ada pertimbangan saya merestui otak dan hati saya untuk menikah, ya, akhirnya di akhir tahun 2017 pikiran dan perasaan saya memberanikan diri untuk menikah, dan mereka memilih Wattpad sebagai rumah pertama.

Saya menulis tulisan ini di penghujung tahun 2020, tahun yang beberapa tahun ke depan akan saya kenang sebagai tahun yang penuh haha-hihi dan kepusingan diri. Penghujung tahun? Ya, di penghujung tahun ini pasangan pikiran dan perasaan saya telah menjalani pernikahan selama tiga tahun. Di tahun ketiga pernikahan mereka telah memiliki lima anak.

Mau saya sebutin satu per satu dari mereka? Nggak cuma namanya yang bakalan saya sebutin, karakter dan alasan mereka hadir juga akan saya omongin deh. Selamat mengenal kelima anak-anak hasil dari pernikahan antara pikiran dan perasaan saya di Wattpad. Semoga jatuh hati.

1. Si Sulung "By My Side #1"

By My Side #1 adalah anak yang pertama lahir dari hasil pernikahan antara pikiran dan perasaan saya. Sebenernya kalau ditanya alasan mengapa saya nulis cerita By My Side #1? Saya juga kurang tau. By My Side #1 mengalir begitu saja ditulis oleh saya ketika awal masuk SMA di tahun 2017. Saya nulis cerita ini tanpa memikirkan "alurnya mau bagaimana?", "endingnya mau seperti apa?", membuat outline cerita, dll. Yang ada di pikiran saya ketika menulis By My Side #1 adalah yang penting imajinasi saya tersalurkan dan nggak melulu diam di kepala. Saya kepikiran Wattpad pada saat itu dan akhirnya mulai menulis By My Side #1, diawali dengan pembukaan cerita tentang kepindahan si tokoh utamanya ke luar kota, yang mana ini merupakan pengalaman saya pribadi. Namun seiring berjalannya waktu dan mendapat komentar positif pada tulisan saya, saya berpikir lagi, "By My Side nggak mungkin nih terus jalan seadanya, tanpa rancangan konflik, alur, dll." Akhirnya Si Anak Pertama ini akhirnya saya seriusin, beberapa part saya revisi dan mulai saya promosiin. Alhamdulillah semakin banyak yang baca, yang ikutan promosiin, yang nanya terus "kapan update ceritanya lagi?", dan komentar-komentar positif lainnya saya dapatkan. 

Kayaknya udah cukup deh saya ceritain latar belakang lahirnya Si Sulung. Gimana kalau kita ngomongin karakter Si Sulung ini sekarang? 

Cerita By My Side #1 ini menceritakan tentang seorang remaja perempuan bernama Zena Salsabila Abdisafitri. Zena hidup di keluarga yang berkecukupan secara materi dan ia dikelilingi oleh orang-orang yang menyayanginya, mulai dari keluarga, teman-teman, sahabat, dan salah satu kakak kelas yang dekat dengannya, Fahri. Ketika Zena lulus SMP, dia terpaksa harus pindah ke luar kota mengikuti orangtuanya dan melanjutkan SMA di sana. Di tempat baru, Zena memiliki sahabat bernama Rena yang sama-sama sebagai orang pindahan di kota tersebut. Tepat di hari pertama Zena masuk sekolah, ada seorang laki-laki bernama Zefran yang secara terang-terangan menyukai Zena ketika perempuan itu memperkenalkan diri di depan kelas. Berikut kutipannya: 

Cukup deh spoilernya, gimana kalau langsung baca ceritanya aja di Wattpad? Kalau sampai baper, saya nggak tanggung jawab ya, hahaha! Langsung klik aja okay! By My Side #1 - Shofi MI


2. Si Cantik "Biana Bisara"

Biana Bisara lahir setelah saya menonton drama korea berjudul While You Were Sleeping. Saya masih ingat beberapa hari setelah tamat menonton drakor tersebut cerita Biana Bisara sudah sampai belasan bab terpublikasi di Wattpad, saking semangat dan membaranya saya ketika itu berimajinasi tentang sosok Biana. Seorang perempuan pemberani yang suatu hari pernah membantu mengungkap kasus pembegalan di sekitar tempat tinggalnya. Yang membuat saya sangat bersemangat ketika menulis cerita ini adalah banyak bumbu persahabatan di dalamnya, kekompakan Biana dengan keempat sahabat masa kecilnya, tidak hanya cinta-cintaan dan masalah kehidupan sosial. 

Meskipun Biana Bisara ditulis dengan semangat yang menggebu-gebu dan ide-ide yang memberontak pengin keluar dari kepala, tetapi tenang saja, cerita ini masih bernyawa dan rasa ketika dibaca nggak akan berkurang. Bagi yang mau membacanya, mangga dipersilakan kunjungi: Biana Bisara - Shofi MI.


3. Si Anak Tengah "By My Side #2"

By My Side #2 merupakan kisah lanjutan dari seorang Zena. Jika di By My Side #1 lebih banyak menceritakan tentang kebersamaan Zena dan Zefran ketika masih SMA, keromantisan mereka berdua, dan istimewanya sosok Zefran yang patut dikagumi. Tetapi lain di By My Side #2, di sini lebih banyak menceritakan kehidupan Zena ketika masa kuliah dan banyaknya permasalahan di hubungan mereka. Di By My Side #2 ini bermunculan tokoh-tokoh baru yang merupakan sahabat-sahabat Zena. 
By the way, di Wattpad saya cerita By My Side #1 dan By My Side #2 terunggah di satu cerita yang sama, makanya sampul dari ceritanya juga masih sama. Di By My Side #2 banyak sekali kejutan yang tidak terduga, bahkan saya sendiri sebagai orang yang menciptakan By My Side #2 ini terkadang suka melongo ketika membaca ulang By My Side #2. Saya beri kutipannya sedikit ya, jangan banyak-banyak, kalau mau baca keseluruhannya di Wattpad aja okay! 
Kutipan di atas itu ketika Zena merasa kecemburuan dia terhadap Zefran selalu disalahartikan oleh Zefran, dan sebagai laki-laki yang tidak mau kalah Zefran selalu membalikkan fakta seakan-akan Zena tidak boleh mencemburuinya. 

Spoilernya cukup deh, mendingan langsung baca di Wattpad saya, gimana? Tapi kalau sampai baper dan nangis, saya nggak mau tanggung jawab ya, hahaha! By My Side #2 - Shofi MI.


4. Si Puisi "Sapa Aku Dalam Gamang"

Sapa Aku Dalam Gamang merupakan tulisan saya yang paling berbeda dari tulisan-tulisan sebelumnya. SADG merupakan sebuah kumpulan puisi yang lahir dari kegalauan dan melankolia saya terhadap seseorang. Ketika diunggah puisi pertama yang berjudul "Kau Dalam Sejarah, Tuan", alhamdulillah mendapat respon yang baik dari followers dan readers saya di Wattpad. Yang mulanya saya ragu untuk mempublikasikan puisi, akhirnya keterusan, dan sudah terunggah beberapa puisi dengan judul yang berbeda-beda. Tapi, sebenarnya saya juga merasa insecure kalau publikasiin puisi, karena setiap ikutan lomba puisi saya nggak pernah menang, hehe. Sampai pernah berpikir kalau puisi saya jelek dan susah dimengerti, eh, bukannya sekarang juga nggak bagus-bagus amat ya? Hahaha! Setidaknya saya masih mempunyai rasa percaya diri untuk mempublikasikan, daripada puisinya tidur terus di dalam kepala.

Bagi yang suka puisi boleh nih coba-coba baca SADG, siapa tau pas lagi baca merasa, "kok gue banget ya?", kayak pembaca-pembaca yang ninggalin jejak di kolom komentar SADG, hahaha. Silakan teruntuk yang ingin membaca: Sapa Aku Dalam Gamang (Kumpulan Puisi) - Shofi MI


5. Si Bungsu "Untuk Seorang Lelaki"

Cerita Untuk Seorang Lelaki ini merupakan tulisan saya yang paling cepat selesai alias tamat. Cerita USL ini sebenarnya sudah rampung, namun di Wattpad untuk sekarang (28 Des 2020) baru terpublikasi enam part. Alasannya bukan karena saya pelit untuk memublikasikan, tapi saya sering lupa kalau udah janji sama diri sendiri, sering banget kayak gini, "nanti update cerita Si Alang ah", eh taunya lupa, dan baru ingat beberapa hari kemudian.
Eh iya btw, cerita Untuk Seorang Lelaki ini judul awalnya itu Untuk Seorang Lelaki yang Selalu Menemani. Judulnya saya ganti karena merasa terlalu panjang aja, hehe. 

Cerita Untuk Seorang Lelaki ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Binar. Di awal cerita dia menceritakan betapa bahagianya memiliki seorang kekasih bernama Rasyid, dan dalam waktu dekat mereka akan melangsungkan pernikahan. Namun ada suatu kejadian yang membuat pernikahan mereka batal dan hubungan mereka berakhir. Binar juga sempat menjalin hubungan asmara dengan Arsyad (kakak Rasyid), namun hubungannya tidak berjalan lama karena Arsyad tidak sebaik yang Binar ketahui. Akhirnya Binar menemukan seorang lelaki yang selama ini mencintainya diam-diam, lelaki itu bernama Alang. Alang adalah seorang lelaki yang baik, bahkan terkadang Binar merasa bersalah karena dia tidak bisa melengkapi seorang Alang yang sangat mencintainya.

Aduh, udah dulu ya kasih bocorannya. Mending langsung baca aja di Wattpad saya? Gimana? Ok, kalau mau baca ceritanya boleh di sini ya: Untuk Seorang Lelaki - Shofi MI

Nah, tadi udah kenalan sama anak-anak hasil pernikahan antara pikiran dan perasaan saya di Wattpad. Kalau ada yang tertarik untuk baca, mangga langsung diklik link yang udah saya sertakan. Semoga jatuh hati dengan mereka ya. Terima kasih.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Merasa Diri Enggak Baik - Perspektif

Ketika merasa hancur, ingat, banyak di luar sana yang lebih hancur, tapi enggak kelihatan, dan enggak semuanya harus diperlihatkan. Ketika merasa sedih, di luar juga banyak yang lebih sedih, tapi mereka berusaha tersenyum seolah enggak terjadi apa pun yang menyakitkan. Ketika merasa cengeng, di luar sana banyak orang yang sudah enggan menangis karena saking lelahnya. Keluarkan air mata, enggak ada salahnya dan bukan pertanda kelemahan. Ketika merasa sendirian, itu hanya pikiranmu saja, banyak orang di sekelilingmu yang peduli, hanya saja kamu enggak menyadari. Ketika merasa patah hati, banyak pasangan di luar sana yang jauh lebih patah darimu, tapi mereka berusaha terlihat utuh. Enggak selamanya sendiri berarti sepi, dan enggak selamanya berdua berarti merasa utuh. Ketika merasa duniamu enggak sebaik yang kamu harapkan, ini hidup. Bahkan dalam sebuah game pun selalu ada sialnya, apalagi dunia nyata. Hidup sudah Tuhan atur sedemikian rupa, mudahnya kita hanya tinggal menjal

Kisahku Bersama Seorang Lelaki Bernama Lupa - Cerita

Ini kisahku bersama seorang lelaki bernama Lupa. Dia adalah satu di antara lelaki-lelaki yang mendekatiku. Tetapi dia tidak pernah mempercayaiku kalau aku memilihnya karena ia berbeda. Dia selalu mengatakan, banyak lelaki yang lebih darinya. Lebih tampan, lebih kaya, lebih pintar, lebih pengertian, dan semua pembandingan diri ia ucapkan. Sudah kubilang, dia memang tidak mempunyai semua yang ada pada lelaki lain. Kau tau itu apa? Dia selalu lupa bahwa dia mencintaiku. Dia tidak pernah mengatakan aku cinta kamu, dia tidak pernah mengatakan aku sayang kamu, dan dia tidak pernah mengatakan aku membutuhkan kamu, kepadaku. Apa aku marah? Tidak. Apa aku menuntut dia untuk melakukan itu? Tidak. Bagaimana aku bisa tau dia mencintaiku, menyayangiku, dan membutuhkanku di hidupnya? Dia selalu memperlakukanku dengan istimewa, tatap matanya seolah berkata agar aku jangan pernah pergi dari sisinya. Dia memperhatikanku lebih, ketika aku sakit, meski hanya sekadar flu ringan. Dia selalu menyuruhku tidu